Minggu, 04 Oktober 2009

Jejak Langkah Website Viking dan Viking Cyber

“Sejarah tidak ditulis diatas air, atau seperti air didaun talas”
“Anak incu urang ulah nepika poekeun obor, teu apal disintung kalapa, teu apal cecekelan anu ajeg”
“Jas Merah, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”
“Aya hiji hal anu bakal terus kababawa, kasebut-sebut, nyaeta ngaran, hade goreng eta ngaran bakal kasebut terus katurunan urang”
“Bila cermin sudah tak punya arti, pecahkanlah berkeping-keping, Berkacalah pada riak-riak gelombang, dan sebut satu nama ….VIKING !!”

Saat ditanya kapan dan bagaimana Viking Cyber itu? Untuk menjawabnya, tiada lain dengan membawa pikiran ini pada saat-saat yang telah lampau, mengingat-ingat setiap kepingan memori yang relevan dengan Persib, Viking Persib dan terutama yang berkaitan dengan kiprah mendukung Persib secara langsung dilapangan maupun secara virtual melalui dunia maya -internet- .
Sebetulnya jika ingin mengorek sejarah, yang dapat kita lakukan adalah membuka dan mencari arsip, kapan, siapa, dan bagaimana Viking Cyber tetapi itu saja tidak cukup karena di setiap perjalanan seseorang atau sesuatu pastilah terdapat kisah yang menyertainya dan tentu saja ada hikmah disetiap kejadian yang bisa dijadikan cermin untuk melangkah lebih baik dimasa depan, bukankah guru yang paling baik adalah pengalaman itu sendiri?
Membahas Viking Cyber pastinya kita akan membahas dua elemen penting yaitu Persib dan bobotoh khususnya Viking Persib berikut segala aktifitas dan gerakan di dunia maya (cyber). Mari kita bahas satu persatu.
Persib, adalah nyawa, jantung yang terus berdenyut memompakan darah biru serta adrenalin di tubuh bobotoh yang menggerakkan jiwa-jiwa pemberani, fanatis, loyal dan militant pada para bobotohnya. Viking Persib, adalah muara dari segala ungkapan kecintaan, semangat, kebanggaan, militansi, fanatisme, totalisme dan loyalisme bobotoh kepada sang pujaan Persib si Maung Bandung, Persib sang Pangeran Biru.
Viking Persib adalah sebuah ikrar janji untuk sebuah kehormatan dan harga diri Persib, Bandung dan Sunda dengan fondasi ikatan kekeluargaan serta kesamaan tekad dan tujuan. Yang terakhir adalah kiprah dan gerakan Viking Persib dalam rangka mendukung Persib di dunia maya dimana Viking Cyber adalah representasi atau implementasi nyata dilapangan terutama melalui media internet dari hal-hal yang telah diterangkan diatas.
Semua bermula Viking Persib Club memperkenalkan situs resmi Viking yaitu www.vikingpersib.com pada bulan February 2003. Situs tersebut adalah salah satu wujud impian yang telah lama terpendam serta ambisi besar sang panglima Viking, Ayi Beutik , yang diterjemahkan oleh sekum yang saat itu dijabat oleh Yudi Baduy. Jerih payah pelopor tersebut diapresiasi dengan sangat antusias oleh bobotoh yang memang sangat haus akan informasi apapun mengenai Persib dan bobotohnya.
Antusiasme tersebut lambat laun melahirkan komunitas yang terbentuk dari mereka-meraka yang rajin mengakses situs dan menjadi pengunjung setia. Mereka dating dari berbagai belahan dunia sebagai efek dari sifat internet yang tidak mengenal ruang batas geografis.
Komunitas ini belum mempunyai nama dan bentuk yang jelas, kendati demikian kontribusinya terbilang nyata, sampai akhirnya Yudi Baduy dan tim web nya memberikan kepercayaan hak akses administrator kepada komunitas tersebut.
Sejak saat itulah komunitas ini terus termotivasi untuk lebih berkontribusi ke situs resmi Viking. Orang-orang di komunitas ini juga selain berkontribusi untuk web resmi Viking juga aktif ambil bagian dalam pengelolaan un-official website Persib www.persib-bandung.or.id .
Komunitas ini mulai menampakan jati dirinya melalui kontribusi di web Viking dan unofficial web Persib dengan menamakan dirinya CyberDistrict, baik di footer berita, artikel maupun identitas di guestbook dan forum situs-situs orang lain.
Pengakuan secara defacto dari punggawa pelopor web Viking sudah diberikan lewat kepercayaannya menjadi administrator web Viking, kemudian secara deyure pengakuan Viking Pusat atas eksistensi komunitas Viking Cyber ini adalah pada saat perayaan Anniversary Viking Persib yang ke 10, yakni pada tanggal 26 Juli 2003. Pada saat acara tersebut, komunitas ini diperlakukan sama seperti distrik-distrik Viking yang lain. Kemudian komunitas ini juga ikut diundang pada acara pengukuhan ketua-ketua distrik Viking yang diselenggarakan di Rancaupas pada pertengahan Desember 2003.
Seiring waktu, ada masa-masa sulit yang menghadang, kira-kira awal tahun 2005, domain www.vikingpersib.com di takeover oleh seseorang di US sana, oleh sebab itu web Viking otomatis tidak aktif, dan Viking Cyber pun sempat vakum. Namun semangat sebagai bobotoh tidak pernah padam.
Keadaan itu tentu tidak nyaman, akhirnya beberapa pelopor yang dahulu ditugasi sebagai administrator web Viking, berkumpul kembali, saling sharing ide mengenai pengkatifkan kembali situs Viking Persib meski terpaksa menggunakan domain yang baru dan pada akhirnya Yudi Baduy memberikan mandat sepenuhnya untuk kembali mengaktifkan web resmi Viking Persib dengan nama www.vikingpersib.net , pada bulan Maret 2006. Sejak saat itulah Viking Pesib memasuki babak baru, nama baru dan konsep baru. Dengan demikian era revolusioner Viking Cyber dimulai.
Dengan konsep community-based, komunitas yang terbentuk lewat web www.vikingpersib.net, Viking Cyber laksana bola salju yang menggelinding dilereng bukit bersalju, semakin lama bola salju tersebut semakin membesar dan insya Allah akan terus membesar dengan daya dobrak tentunya harus lebih besar, dibanding dahulu saat masa-masa seperti gunung es dilautan, tidak terlihat dipermukaan walau cukup besar bongkahan es dibawah lautan.
Dengan kenyataan itu, tak heran keberadaan Viking Cyber mendapat porsi lebih, tercatat beberapa kali Viking Cyber di undang sebagai bintang tamu dan narasumber pada acara-acara Persib di statsiun TV lokal Bandung, STV dan sempat beberapakali mengudara di radio swasta, Paramuda FM.
Salah satu tabloid nasional, Soccer, sempat pula beberapa kali mengangkat profile Viking Cyber dengan www.vikingpersib.net nya. Bahkan gebrakan terbaru Viking Cyber adalah dipercaya menjadi pengisi salah satu acara mengenai Persib di Bandung FM.
Itulah sekelumit cerita tentang Viking Cyber dan situs www.vikingpersib.net , kemudian untuk apa komunitas keberadaan Viking Cyber yang telah terbentuk tersebut? Tentu saja untuk meneruskan esatafet pengelolaan dan pengembangan web Viking Persib yang diamanatkan oleh para pelopor , yakni panglima Ayi Beutik dan sekum Yudi Baduy selain untuk mengkoordinir bobotoh terutama bagi bobotoh yang sering berinteraksi lewat media internet. Selebihnya adalah untuk menghadirkan fanatisme, militansi, dan loyalisme bobotoh serta atmosfer semangat mendukung yang biasa terluapkan dilapangan hijau melalui media internet.

0 komentar:

Posting Komentar